SEAMEO BIOTROP ~ e-Services
Hari ini: Senin, 11 Desember 2017
Di-posting: 09 April 2013

Panduan Umum

Tujuan:

  1. membantu dokumentasi pelaksanaan tindakan pemeliharaan dan perbaikan software dan jaringan komputer serta desain yang digunakan untuk menunjang aktivitas pekerjaan di dalam lingkungan SEAMEO BIOTROP. Pelayanan permintaan tindakan pemeliharaan dan perbaikan serta desain mengacu pada prosedur mutu ISO 9001:2008 dan instruksi kerja.

  2. memfasilitasi pengajuan buku literatur/item pustaka yang diperlukan oleh staf SEAMEO BIOTROP untuk menunjang kegiatan penelitian, pelatihan dan manajemen, sesuai dengan prosedur mutu ISO 9001:2008. 

  3. Memfasilitas bagi penilai untuk melakukan penilaian kinerja staf, dan bagi staf dapat melihat data kehadiran dan hasil penilaian masing-masing.



Ruang Lingkup
 pelayanan:

Ruang linkup pelayanan meliputi penanganan gangguan dan pemeliharaan software dan jaringan komputer, serta pengajuan buku literatur/item pustaka, yang secara detil dijabarkan di bawah ini:

  1. Software
    Pelayanan penanganan gangguan dan pemeliharaan software meliputi kegiatan instalasi, penanganan gangguan virus komputer, pendampingan tidak termasuk penyediaan/pembelian software. Penyediaan/pembelian software diatur melalui mekanisme lain, yaitu mekanisme pengadaan (procurement).

  2. Jaringan komputer 
    Pelayanan penanganan gangguan jaringan meliputi bantuan setting koneksi internet/intranet, termasuk pemasangan jaringan kabel ataupun access point jika outlet untuk akses internet tidak tersedia.

  3. Pengajuan buku literatur/item pustaka
    Mengorganisir pengajuan buku literatur/item pustaka yang diperlukan oleh pelanggan (staf SEAMEO BIOTROP), melakukan kompilasi sesuai dengan urutan pengajuan dan prioritas, serta mempertimbangkan ruang lingkup kepakaran pranata litbang (ruang lingkup yang terakreditasi KNAPPP) dan selanjutnya menyampaikan kepada panitia pengadaan.

  4. Desain/Layout
    Layanan desain/layout meliputi pembuatan brosur, leaflet dan poster/spanduk untuk kepentingan SEAMEO BIOTROP. Pemohon harus menyerahkan bahan-bahan yang diperlukan dalam format data asli (raw data) yang dapat/mudah di-edit. Gambar/foto harus disediakan dalam resolusi yang memadai. Proses desain hanya akan dilakukan jika bahan dan tema sudah diterima oleh designer. 

  5. Dokumentasi Photo
    Layanan dokumentasi photo meliputi permintaan peliputan dan hasil peliputan berupa photo digital dari kegiatan yang dilaksanakan oleh SEAMEO BIOTROP.

  6. Sistem Penilaian Kinerja
    Sistem Penilaian Kinerja Staf/Pegawai disingkat SIPENKI memberikan fasilitas untuk melakukan penilaian kinerja bagi pimpinan yang memiliki kewenangan untuk menilai. Bagi staf secara keseluruhan dapat melihat data kehadiran serta hasil penilaian atas diri staf itu sendiri. Kriteria yang diniai meliputi: (1) Kehadiran dalam rapat; merujuk pada daftar hadir rapat yang diselenggarakan BIOTROP, maupun yang dilaksanakan dilingkungan departemen masing-masing; (2) Pencapaian program mutu (dari activity plan); merujuk pada capaian setiap staf dari kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dalam activity plan dan tugas lainnya yang diberikan; (3) Pelaksanan "BIOTROP Core Values"; merujuk pada cara bersikap, berkomunikasi dan bertindak dari staf dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. "Core Values" terdiri dari: Commitment, Excellence, Integrity, Responsibility, Competence, Innovation.

Hal-hal tersebut di atas dapat berubah disesuaikan dengan perkembangan organisasi, dan melalui mekanisme perubahan dokumen yang diatur dalam dokumen mutu ISO 9001:2008.